Selasa, 02 Maret 2010

UNTUNG GEDE DARI USAHA CACING TANAH

  • Cepat Panen, dan mudah dikerjakan.
  • Pupuk dan Obat dari Cacing semakin dicari

Sekilas, cacing tanah tampak sebagai hewan yang menjijikan, namun siapa sangka di dalam tubuhnya tersimpan berbagai manfaat yang bisa mendatangkan peluang bisnis. Obat, pupuk organic dan pakan ternak bisa diolah dari cacing tanah, sehingga ternak cacing tanahpun semakin marak diminati. Masih besarnya permintaan yang belum terpenuhi baik dipasar local maupun pasar luar negeri menjadikan bisnis cacing tanah kian moncer. Terutama dengan semakin diminatinya produk pertanian organik yang pasti membutuhkan sarana pertanian termasuk pupuk organik. Selain itu cacing tanah juga ampuh dan berkhasiat terutama dapat mengobati penyakit tipus.
Cacing terbagi atas 2 golongan yaitu cacing darat/tanah dan cacing air, namun karena cacing tanah memiliki banyak manfaat yang bisa diambil, jadi cacing tanah ini lebih banyak diternakan. Cacing tanah dianggap sebagai hewan parasit, namun ternyata dibalik tubuhnya yang terlihat licin dan menjijikan itu tersimpan banyak manfaat yang bisa diambil. Misalnya sebagai pakan ikan, kotoran cacing tanah sebagai pupuk kompos dan pupuk cair, cacing tanah diolah menjadi oabt serta tepung sebagai bahan campuran kosmetik.

Khasiat yang dikandung cacing tanah juga bisa untuk meredakan beragam penyakit misalnya, tipus, asam urat, diare, borok, rematik, kanker, batu ginjal, liver hingga stroke.


Nah buat teman-teman yang ingin mencoba berternak cacing atau usaha produksi obat tradisional/alami dari cacing, silahkan pelajari dibawah ini :


1. Ternak Cacing
2. Cara Membuat obat dari cacing
3. Direktori Usaha Budidaya dan Olahan Caing Tanah






Tidak ada komentar: