Jumat, 31 Juli 2009

PROSES PEMBUATAN KERIPIK GETUK

Untuk menghasilkan keripik yang renyah dan memiliki citarasa, kuncinya mulai dari pengolahan, penggorengan hingga pengemasan. Bahan baku harus dicuci dengan tiga kali penggantian air tanah/sumur dan berikut tahapan membuat keripik Getuk :

1. Kupas singkong dan potong ujung-ujung singkong lalu cuci dengan air tanah/sumur dan lakukan penggantian air sebanyak tiga kali untuk menghilangkan rasa getir.
2. Kukus singkong selama 1 jam dengan mencampurkan ½ sdt/kg singkong.
3. Setelah matang, lumatkan singkong dalam wadah tumbukkan yang tambhakan ¼ gula dan ½ sdt garam per kg singkong. Untuk membuat keripik getuk warna kuning lakukan tahapan selanjutnya, sedangkan untuk menghasilkan keripik getuk warna kehitaman, campurkan ujung singkong yang telah dibakar sebelumnya hingga membentuk adonan berwarna keabuan.
4. Setelah membentuk adonan lerbarkan adonan seperti akan membuat mie dan tunggu hingga kering.
5. Lakukan penggilangan untuk membentuk lembaran keripik yang diiris setelah digiling.
6. Jemur keripik dalam ruang yang telah ditutupi plastik tapi terkena sinar matahri dan ada fentilasi udara sehingga tetap steril dan bebas bakteri.
7. Setelah keripik kering sempurna, pisahkan keripik yang busuk karena jamur dan masukan keripik yang bagus dalam plastik dan simpan di ruang yang dialasi pallet dan plastik, sehingga tidak kontak dengan dinding.
8. Sebelum digoreng bumbui keripik mentah dengan garam dan bawang putih yang telah dihaluskan, kemudian goreng selama 15 menit angkat dan tiriskan hingga minyak tak menetes lagi.
9. Stelah tidak panas, segera masukan keripik dalam plastik dan siap di distribusikan.

Sumber : Edisi Peluang Usaha No.: 24/THN IV/2009 31 Juli 2009



2 komentar:

Cantik Duniaku mengatakan...

maksutnya yang no 2 dicampur dengan 1/2 sdt apa????
2. Kukus singkong selama 1 jam dengan mencampurkan ½ sdt/kg singkong.

adonan singkong tidak usah di fregmentasikan?

M Fahri Khusaini mengatakan...

Sendok teh