Rabu, 28 Mei 2014

Peluang Usaha Growbox Tiram


Growbox, nama pajangan jamur tersebut, merupakan hasil kreasi Robbi Zidna Hilman bersama Adi Reza Nugroho, Ronaldiaz Hartantyo alias Aldi, serta Annisa Wibi Ismarlanti, lulusan Teknik Arsitektur ITB dan Manajemen Universitas Padjadjaran.

Apa Itu Growbox

Growbox adalah sebuah kotak sederhana berisikan bibit jamur tiram yang bisa dibudidayakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Kita dapat merasakan pengalaman baru untuk memiliki pertanian jamur kecil sendiri. 

Dalam waktu 2 - 4 minggu, dengan perawatan yang mudah, jamur akan tumbuh dan kita dapat memanen untuk keperluan konsumsi. Tidak berakhir disana, nantinya jamur ini dapat dipanen hingga 3 - 4 kali. 

Jamur tiram ini ternyata mudah untuk tumbuh di iklim tropis yang basah dan lembab. Selain di hutan, jamur juga bisa tumbuh di ekosistem kota. 

4 Jenis Growbox

Growbox adalah sebuah kotak sederhana berisikan bibit jamur tiram yang bisa dibudidayakan oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan saja. Kita dapat merasakan pengalaman baru untuk memiliki pertanian jamur kecil sendiri. 

1. Jamur Tiram Putih (Pleurotus ostreatus) 

Bagus untuk Anemia, bisa meningkatkan faktor haemopoietik. Bisa menurunkan hipertensi, diabetes, dan menurunkan berat badan Tinggi serat, bisa mengatasi sembelit. Mengandung Lovastatin, bisa menurunkan kadar kolesterol. Bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh 

2. Jamur Tiram Kuning (Pleurotus citrinopileatus) 

Mengandung senyawa Antihyperglicemic bagus untuk diabetes karena dapat menurunkan kadar gula darah. Bisa menurunkan tekanan darah tinggi, dan menghambat pertumbuhan tumor. Kaya akan kalsium, dan menurunkan kolesterol dalam darah. 

3. Jamur Tiram Pink (Pleurotus Djamoer) 

Kaya akan antioxidant, anticancer, antitumor. Mengandung Beta Caroten sehingga baik untuk mata, dan mengurangi asam lemak dalam darah. 

4. Jamur Tiram Biru (Pleurotus Columbinus) 

Sumber Glucosamine ( digunakan sebagai senyawa untuk mengobati masalah persendian/ ostreoarthritis) mengurangi Kolesterol anti tumor anti cancer meningkatkan respon imun efektif sebagai antibiotik 

5 Tahap Budidaya 

1. Beri Nama 
Beri nama untuk growboxmu, mereka itu makhluk yang peka terhadap niat pemiliknya 

2. Buka Segel 
Letakkan growbox di tempat yang teduh dan jangan terkena sinar matahari langsung. Buka segel growbox hingga terlihat baglog berisikan bibit jamur berwarna putih 

3. Sayat 
Sayat baglog jamur hingga plastik terbuka, dengan begitu jamur dapat tumbuh karena adanya asupan oksigen 

4. Semprot 
Semprot baglog setiap hari dengan air biasa, hal ini ditujukan agar kondisi baglog tetap lembab 

5. Panen 
Tubuh buah jamur akan tumbuh setelah 2-4 minggu baglog disayat. Growbox bisa panen hingga 3-4 kali dalam setiap rentang waktu 1 bulan. 

Lain-lain : 
  • Kondisi Ideal: Suhu 24 - 32 C 
  • Kelembaban > 70% 
  • Hindari sinar matahari langsung 
  • Lebih baik diletakkan di dalam rumah 
  • Isi spray dengan air biasa 
  • Semprot 1 - 3 kali sehari 
  • Ketika panen jangan gunakan gunting, cabut jamur hingga terlepas seluruhnya 
  • Jamur dapat dipanen hingga 3 - 4 kali 
Dan yang berminat silahkan hubungi di : 
Email : halogrowbox@gmail.com 
Situs Web : http://halogrowbox.com 
Sumber :  http://halogrowbox.com

Tidak ada komentar: